Minggu, 04 Desember 2011

Belajar TuLisand Korea ^^

Belajar Tulisan Korea (Hangul)
Ketika kita ingin belajar bahasa Korea, langkah pertama yang harus dilakukan adalah belajar membaca tulisan Hangul (Han-geul / 한글). Sekedar info, pada zaman dulu kala rakyat Koreamenggunakan tulisan Hanja, yang mana identik dengan tulisan Cina kuno. Tulisan Hanja itu termasuk logograf (ideograf), yang mana tiap hurufnya melambangkan suatu kata atau morfem. Untuk fasih membaca dan menulis tulisan Hanja, rakyat Korea perlu menghafal banyak sekali bentuk huruf, akibatnya hanya kaum terpelajar saja yang melek huruf. Lalu, pada pertengahan abad ke-15, Sejong The Great (세종대왕), raja yang memerintah dinasti Joseon di Korea saat itu, memiliki ide bagaimana meningkatkan tingkat literasi rakyat Korea, yaitu dengan cara menciptakan featural alphabet yang mudah dipelajari, Hangul.

Berikut ini saya mau membagikan cara praktis mempelajari tulisan Korea (aksara Hangul). Sebuah karakter Hangul disusun dari 2 atau lebih unit. Unit tersebut terdiri dari beberapa konsonan dan vokal, yaitu:

14 konsonan dasar + 5 konsonan ganda
g
n
d
r
m
b
s
-
j
ch
k
t
p
h
kk
tt
pp
ss
jj


6 vokal dasar + 15 turunannya (+i, +y, +w)
a
eo
o
u
eu
i
ae
e
oe
wi
ui
ya
yeo
yo
yu
yae
ye
wa
wo
wae
we

Cara penyusunan unit-unit tersebut umumnya atas→bawah, atau atas→kanan→bawah. Supaya lebih jelas, silakan lihat gambar di bawah ini:

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiTbEPA3e_yoPtsk51EMDR9Z5nmBqjUqVspoNAkLreo3EWp94q53CTRo6lw4HqBxhFKDTct0mCvMdswR0qo-N-VSJ43BDfcmtKKOsATWh2OtjXc7kNx-vDY0pi1ES2X7hW9Bspbq7-hAXk/s640/Hangeul_New_Version.jpg
Penempatan unit tulisan Hangul - © Wikimedia

Dari gambar di atas, perhatikan juga bahwa ada beberapa konsonan yang akan berubah bunyinya jika ditaruh di bawah (final), antara lain:
·                     : dari 'r' jadi 'l'
·                     : dari tanpa suara jadi 'ng'
·                     : dari 's' jadi 't'

Pengucapan konsonan pada Hangul mirip dengan konsonan bahasa Indonesia. Sedangkan untuk vokalnya, perhatikan contoh penulisan bahasa Indonesia menggunakan tulisan Hangul di bawah ini:
eo
gosong
거성
o
otomatis
오토마티스
eu
emas
으마스
ae
estetika
애스테티카
e
emansipasi
에만시파시


Sebagai latihan, silakan baca beberapa kalimat dasar berikut ini:

안녕하세요
= hai!

당신은 아름답습니다
= kamu cantik

저는 [____]  입니다
= nama saya [____]

감사합니다
= terima kasih

Kesimpulannya, untuk menguasai Hangul, sebenarnya kita cuma perlu menghafal 20 bentuk unit saja, 14 konsonan dasar + 6 vokal dasar. Selebihnya, kita cukup memahami pola improvisasi pada tiap unit tersebut, apakah didobel, +i, +w atau +y. Hal ini lah yang membuat tulisan Korea (Hangul) sangat jauh lebih mudah dipelajari daripada tulisan Cina atau Hanja. Semoga tulisan singkat ini bisa membantu Anda mempelajari tulisan Korea, khususnya bagi Anda yang berkesempatan
 jalan-jalan di Korea :)












Belajar Bahasa Korea : Menulis Abjad Korea

MEI 2, 2010 24 KOMENTAR
Dalam penulisan huruf abjad korea tidaklah berbeda jauh dengan menuliskan huruf abjad biasa, tinggal menggabungkan huruf huruf itu sendiri. Hanya ada sedikit berbeda dalam penggabungannya yakni penulisan konsonan akhir. Perbedaanya, kalau kita menuliskan abjad biasa, konsonan akhir di tulis sejajar dengan huruf sebelumnya. Sedangkan penempatan konsonan akhir pada huruf korea di tulis di bawah yang di sebut badchim ( 받침 ).
Contoh :
§  Jam ==> Konsonan akhir pada kata jam adalah ” m ” dan di tulis sejajar dengan kata sebelumnya
§  ==> Konsonan akhir adalah ” ” ( m ), penempatan konsonan akhir ” ” ( m ) ini di tulis di bawah
Contoh lain :
§  Ban ==> konsonan akhir berupa huruf ” n ” penempatan sejajar dengan huruf ” Ba “
§  ==> konsonan akhir huruf ” ” ( n ), penulisan konsonan akhir di bawah pada huruf sebelumnya.
Untuk memulai penulisan huruf abjad korea tentu saja harus sudah hafal dan mengerti huruf abjad korea ( hangeul==> 한글 ).Yang perlu di perhatikan dalam penulisan atau penggabungan huruf abjad korea adalah vokalnya.Kita lihat pada vokal vokal huruf korea ini ==>  , , , , , , , Kalau kita amati, setiap huruf vokal tersebut terdapat lambang ” “  dan lambang ini nantinya lah sebagai tempat penggabungan antara huruf konsonan dan vokal itu sendiri. Dalam penggabungannya, Lambang ” “  tinggal di gantikan dengan huruf konsonan.
Contoh :
§  Bila kita ingin menuliskan kata ” GO ” ==> kata GO terdiri dari 2 huruf yakni ” G ” dan “O” ,dalam abjad korea terdiri dari konsonan ” ” dan vokal ” “. Penggabungannya, ” ” menggantikan posisi ” ” pada huruf vokal ” “, sehingga posisi ” “  terletak di atas ” “  dan terbentuk kata ” go==>  ( + ==> )
§  Kita ingin menuliskan kata ” SAMA ” ==> Kata SAMA terdiri dari 4 huruf yang di antaranya ” S “, ” A ” , ” M ” , ” A ” dalam abjad korea ” “” ,” “, “”,” ” Penggabungannya ==> ” ” menggantikan posisi ” “  dan  begitu pula dengan ” “,juga menggantikan posisi ” “  pada urutan huruf selanjutnya. ( + => ), ( + => )==> + + + ===> 사마
Contoh penulisan berbentuk konsonan akhir :
§  Kita ingin menuliskan kata ” SUP ” ==> Kata ” SUP ” terdiri dari 3 huruf  S, U, dan P. Dalam huruf abjad korea terdiri dari huruf  ” , ,  dan “,  penggabungannya sama dengan di atas, hanya saja  penempatan konsonan akhir ” ” (  p ) di tulis di bawah. ==> ” ” menggantikan posisi ” “  pada vokal ” ” dan “ ” di tulis di bawahnya, ( + => , + ==> )
§  Kita ingin menuliskan kata ” JIN ” ==> kata JIN  terdiri dari huruf ” J, I, dan N ” pada huruf abjad korea terdiri dari huruf ” ,   dan  “, penggabungannya ==> “”  menggantikan posisi “”  pada vokal ” ” dan konsonan ” “  di tulis di bawahnya, ( + => , + ==> )
§  Kita ingin menuliskan kata ” CINTA ” ==> Kata CINTA terdiri dari huruf ” C, I, N, T, dan A ” pada huruf abjad korea terdiri dari huruf ” , , , ,  dan  ” , penggabungannya ==> “” menggantikan posisi “” pada vokal “” dan  “”  di tulis di bawahnya, terus menyusul  huruf berikutnya ” “  menggantikan posisi “”  pada vokal “ “, ( + => + => ) + ( + => ) ==> ( + ==> 찐따 ) Karena di sini huruf  ” “  merupakan gabungan huruf konsonan “  ” dan  berposisi pada awal kata,maka untuk penulisan kata CINTA  (  찐따 )  bisa di ganti dengan JINTA ( 진따 )  dengan alasan : pembacaan huruf ” ” ( J ) pada awal kata di baca ” ” (  C ) dengan kata lain kata ” 진따 ” pembacaanya ” Cinta ” bukan JINTA.
Untuk penulisan kata kata yang lain, penggabungannya sama seperti penjabaran di atas. Penekanan pada penulisan huruf abjad korea terletak pada konsonan akhir atau yang lebih sering di sebut badchim ( 받침 ). Pada konsonan akhir di tulis di bawah. Inilah yang membedakan antara penulisan huruf abjad korea dengan penulisan huruf abjad biasanya, sedangkan lainnya sama persis dengan cara penulisan huruf abjad biasa


Belajar tulisan Korea (Hangul) gampang banget bagian kedua..

Untuk melancarkan dan membiasakan diri agar mudah dalam pengenalan dan penggunaan huruf Hangul, maka disini mencoba cara ntara kalimat dalam bahasa Indonesia menggunakan karakter Hangul. Metoda in,i diharapkan dapat mengalokasikan penggunaan otak kanan yaitu fungsi rasa (sensing) karena bunyi yang terucap dari rangkaian huruf ini tidak asing lagi bagi pengguna yang berbahasa Indonesia sehingga tidak membutuhkan 2 kali kerja untuk membaca dan menterjemahkan. Begitu huruf tersebut dibaca akan layaknya kalimat dalam bahasa Indonesia biasa namun cara penulisan memakai huruf (character) Korea.
Penggunaan keyboard komputer untuk dapat menulis dengan huruf Korea yang sebelumnya telah diaktifkan default language setting pada Regional Setting memakai bahasa Korea. Cara penulisan simbol hangul seperti cara menulis simbol latin biasa, perbedaannya adalah simbol hangul dapat terdiri dari 3 simbol kebawah. Seperti untuk akhiran dengan bunyi t, k l, p, m, n dan ng. Untuk simbol-simbol konsonan ganda dan vokal ganda pada tingkat lanjut tidak akan ditulis disini.
Berikut ini urutan tuts keyboard pada barisan atas kemudian barisan tengah adalah simbol huruf Korea (Hangul) yang muncul pada display dan yang paling bawah adalah penggunaan simbol hangul. Setelah language setting berhasil di install, maka pada microsoft word akan semakin mudah menulis dengan simbol korea ini karena Microsoft Word mendukung metoda menulis dengan simbol korea dan akan dengan otomatis menempatkan simbol-simbol hangul seperti penulisan artikel inipun menggunakan aplikasi microsoft word.
Tabel konversi keyboard ke simbol hangul.
Q  W  E   R    T  Y   U   I   O   P  A   S   D   F  G   H   J   K  L   Z   X   C   V  B  N  M
b   j   d  g(k) s yo  ye ya  a  e  m   n   -   r(l) h  o  eo ae i k t ch p yu u eu
Coba baca tulisan dibawah ini berbunyi bagaimana?
슬아 시앙, 슬아맡 파기, 슬아맡 마람. 스모가 안다 블바하갸 파다 하리 이니. 다람 그슴파탄 이니 사야 믄초바 운툭 므누릿간 악티클 등안 차라 블베다 다리 비아사뇨 카르나 디시니 사여 므누릿 므마카이 투리산 코래아. 므누릿 등안 투리산 한굴 메망 스카리.
Caranya cocokkan simbol ini dengan yang tertera pada tabel diatas maka akan berbunyi sebagai berikut:
Selamat siang, selamat pagi, selamat malam. Semoga anda berbahagya pada hari ini. Dalam kesempatan ini saya mencoba untuk menuliskan artikel dengan cara yang berbeda dari biasanya karena disini saya menulis memakai tulisan korea. Menulis dengan tulisan hangul memang gampang sekali.
Gampang bukan? Ok, selamat berkarya.

Belajar Tata Bahasa Korea : Boleh ( / / 해도 된다 )

JULI 22, 2010 16 KOMENTAR
Mungkin saya tidak perlu menjelaskan apa fungsi dan peranan bentuk ini, dari arti atau judulnya, kita bisa mengira kapan dan bagaimana bentuk ini di gunakan , contoh simple saja => kalau ujian sudah selesai di kerjakan , peserta boleh meninggalkan ruangan . Nah,…. dari contoh tersebut saya yakin kta bisa mengerti bagaimana bentuk “  boleh ( / / 해도 된다 ) ” di gunakan .
Secara tata bahasa korea , bentuk  boleh ( / / 해도 된다 ) di pengaruhi oleh vokal akhir pada kata kerjanya, berikut penjelasannya :
I ) vokal akhir : dan maka P + 아도 된다 ( 아도 돼요 ) , adapun cara penggabungan vokalnya adalah :
§  + 아도 돼요 => 아도 돼요
§  + 아도 돼요 => 와도 돼요
cara penggabungan di atas berlaku bila kata kerja tidak berbadchim, bilamana kata kerja ada badchim maka penggabungannya hanya tinggal menambahkan saja tanpa mengalami perubahan pada vokal akhir kata kerja. contoh :
1.     가다 ( gada / pergi ) => hilang , vokal akhir ,  tanpa badchim => P + 아도 돼요 => + 아도 돼요 => 가도 돼요 ( gado dwaeyo / boleh pergi )
2.     보다 (boda / melihat ) => hilang , vokal akhir , tanpa badchim => P + 아도 돼요 => + 아도 돼요 => 봐도 돼요 ( bwado dwaeyo / boleh melihat )
3.     놀다 ( nolda / bermain ) =>   hilang , vokal akhir , ada badchim => P + 아도 돼요 => + 아도 돼요 => 놀아도 돼요 ( norado dwaeyo / boleh bermain )
4.     앉다 ( anjda / duduk ) => hilang , vokal akhir , ada badchim => P + 아도 돼요 => + 아도 돼요 => 앉아도 돼요 ( anjado dwaeyo / boleh duduk )
5.     오다 ( oda / datang ) => hilang , vokal akhir , tanpa badchim => P + 아도 돼요 => + 아도 돼요 => 와도 돼요 ( wado dwaeyo / boleh datang )
contoh kalimat :
§  Bagi yang sudah menyelesaikan ujiannya , boleh pulang => 시험을 마친 사람은 집에 가도 돼요
§  Kalau ingin bermain ke rumahku , boleh datang kapan saja, terserah anda. =>제가 집에 놀고 싶으 아무때나 와도 돼요 ,… 마음대로 하세요
§  Bolehkan aku nonton film terbaru bersama pacarku,….? please….. ! => 애인과 같이 새로운 영화를 봐도 돼요 ? 재발해요…..
§  Kalau kakinya sakit boleh duduk,… silahkan ambil kursi ke sini . => 다리가 아프면 앉아도 돼요, 여기에 의자를 가져 오세요!
II ) Vokal akhir , , ,   maka P + 어도 돼요 , untuk penggabungan vokalnya adalah :
§  + 어도 돼요 => 어도 돼요
§  + 어도 돼요 => 여도 돼요
§  + 어도 돼요 => 어도 돼요
§  + 어도 돼요 => 워도 돼요
cara penggabungan di atas berlaku bila kata kerja tidak berbadchim, bilamana kata kerja ada badchim maka penggabungannya hanya tinggal menambahkan saja tanpa mengalami perubahan pada vokal akhir kata kerja. contoh :
1.     배우다 ( baeuda / belajar ) =>   hilang , vokal akhir , tanpa badchim => P + 어도 돼요 => 배우 + 어도 돼요 => 배워도 돼요 ( baewoedo dwaeyo / boleh belajar )
2.     마시다 ( masida / minum ) => hilang , vokal akhir , tanpa badchim => P + 어도 돼요 => 마시 + 어도 돼요 => 마셔도 돼요 ( masyoedo dwaeyo / boleh minum )
3.     먹다 ( moegda / makan ) => hilang , vokal akhir , ada badchim => P + 어도 돼요 => + 어도 돼요 => 먹어도 돼요 ( moegoedo dwaeyo / boleh makan )
4.     듣다 ( deudda / mendengar ) => hilang , vokal akhir , ada badchim ( badchim spesial akan berubah menjadi badchim   jika pada bentuk informal ) => P + 어도 돼요 => + 어도 돼요 => + 어도 돼요 => 들어도 돼요 ( deuroedo dwaeyo / boleh mendengar )
5.     쓰다 ( sseuda / menulis ) => hilang , vokal akhir , tanpa badchim => P + 어도 돼요 => + 어도 돼요 => 써도 돼요 ( ssoedo dwaeyo / boleh menulis )
6.     입다 ( ibda / memakai ( baju ) ) => hilang , vokal akhir , ada badchim => P + 어도 돼요 => + 어도 돼요 => 입어도 돼요 ( iboedo dwaeyo / boleh memakai )
contoh kalimat :
§  Ujiannya akan di mulai pada jam 10 : 15, sekarang masih ada waktu, boleh belajar dulu => 시험은 오전 10 15분에 시ㅣ작 할게요, 지금 시간이 있고 먼저 배워도 돼요
§  Kalau bekerja di sini boleh minum minuman beralkohol, tetapi kalau di tempat lain jangan minum minuman beralkohol !  taukan? => 여기에서 일하면 술을 마셔도 돼요, 그런데 다른 회사에서 일하면 술을 마시지 마세요 ! 알았죠 ?
§  Di restoran daging bakar ( buphe ) , kita di perbohlekan makan sebanyak yang kita inginkan  => 부페에서는 먹고 싶은 만큼 먹어도 돼요
§  Kalau malam sebelum tidur, boleh mendengarkan musik tetapi jangan terlalu keras keras ya! => 밤에 자기 전에 음악을 들어도 돼지만 소리지 마세요!
§  Kalau kita membeli baju, sebelum membeli kita boleh mencobanya ( memakainya ) terlebih dahulu => 우리가 옷을 사면 사기 전에 먼저 입어도 돼요.
III ) Bentuk akhiran 하다 , maka 해도 돼요. Setiap kata kerja yang berakhiran 하다, maka 하다 tersebut tinggal berganti menjadi 해도 돼요.contoh :
1.     약속하다 ( yagsoghada / janji ) => 약속해도 돼요 ( yagsoghaedo dwaeyo / boleh berjanji )
2.     성명하다 ( soengmyoenghada / tanda tangan ) => 성명해도 돼요 ( soengmyoenghae do dwaeyo / boleh tanda tangan )
3.     쇼핑하다 (  syophinghada / berbelanja ) => 쇼핑해도 돼요 ( syophinghaedo dwaeyo / boleh berbelanja )
4.     농담하다 ( nongdam hada / bercanda ) => 농담해도 돼요 ( nongdamhaedo dwaeyo / boleh  bercanda )
5.     거짓말하다 ( goejimalhada / berbicara bohong ) => 거짓말해도 돼요 ( goejimalhaedo dwaeyo / boleh berbicara bohong )
Contoh kalimat akhiran 하다 => 해도 돼요 :
§  Sebenarnya gak ada masalah, boleh mengcopy, tetapi bilang terlebih dulu ! =>사실은 문제가 없어요, 복사해도 돼지 먼저 말해 주세요 !
§  Kalau memang sangat mencintainya, boleh menikah => 진짜 너무 사랑하면 결혼해도 돼요
§  Sampai tahun lalu siswa di perbolehkan menggunakan handphone di ruang kelas => 작년까지 학생들은 교실에서 휴대전화를 사용해도 됐었습니다
Kalimat bebas :
§  Saya ini seorang perokok, kalau 1 hari saja saya tidak merokok, saya bisa mati. kalau begitu apakah saya boleh merokok  => 저는 담배를 피운 사람이에요, 하루만 담배를 피우지않으 저는 죽을게요, 그러면 담배를 피워도 돼요?
§  Paspor saya ketinggalan di dalam taksi, bisakah anda mengantar saya ke kedutaan besar Indonesia, bolehkan saya menggunakan handphonenya?  여권을 택시 안에 두고 내렸습니다, 인도네시아 대사관에 데려다 주시겠습니까? 핸드폰을 사용해도 돼요
§  Dari tadi malam saya menceret, sekarang juga badan rasanya kurang enak, bolehkah saya pergi ke rumah sakit untuk berobat? => 어젯밤부터 설사를 했어요, 지금도 몸이 불편 해요. 병원에 치료하러 가도 돼요 ?
1.     문제 ( munje / masalah )
2.     복사하다  ( bogsahada / mengcopy )
3.     죽다  ( jugda / mati )
4.     두고 내리다 ( dugo naerida / ketinggalan )
5.     휴대전화  ( hyudaejoenhwa / handphone )
6.     여권 ( yoegwoen / paspor )
7.     사용하다 ( sayonghada / menggunakan )
8.     설사하다 ( soelsahada / mencret )
9.     불편하다 ( bulphyoenhada / kurang enak )
10.   대사관 ( daesagwan / dubes )
11.   크다 ( qeuda / besar )
12.   소리 ( sori / suara )
13.   ( sul / minuman beralkohol )
14.   라르다 ( dareuda / berbeda )
15.   회사 ( hwesa / perusahaan )
1.     ( joe / saya )
2.     ( na / aku )
3.     ( noe / kamu )
4.     당신 ( dangsin / anda )
5.     그남자 ( geunamja / laki laki itu )
6.     그녀 => kurang sopan , 여자 => sopan ( geu nyoe / geu yoeja => perempuan itu )
7.     너희 ( noeheui / kalian )
8.     당신들 ( dangsindeul / anda sekalian )
9.     출근하다 ( chulgeunhada / berangkat kerja )
10.   퇴근하다 ( theuigeunhada / pulang kerja )
11.   이야기하다 ( iyagihada / bercerita )
12.   나가다 ( nagada / keluar )
13.   들어오다 ( deuroeoda / masuk )
14.   들어가다 ( deuroegada / keluar )
15.   기계 ( gigye / mesin )
16.   사용법 ( sayongboeb / cara menggunakan )
17.   넣다 ( noehda / memasukkan )
18.   꺼내다 ( koenaeda / mengeluarkan )
19.   들다 ( deulda / mengangkat )
20.   빌리다 ( billida / meminjam )
21.   빌려주다 ( bliiyoejuda / meminjamkan )
22.   사랑하다 ( saranghada / mencintai )
23.   에쁘다 ( yepeuda / cantik )
24.   선물 ( soenmul / hadiah )

6 komentar:

  1. keren sekali,,,,,
    kalu boleh tau kamu ada keturunan dari korea,,?
    atau jangan-jangan kamu orang korea ya??

    BalasHapus
  2. keren, makasih infonya eonni ><

    BalasHapus
  3. masih agak kurang ngerti, di atas ada P maksud P itu apa ya??

    BalasHapus
  4. boleh terangkan macam mana nak bezakan hangeul r dan l g dan k? confius

    BalasHapus
  5. Boleh nanya kalau yg namanya ada huruf (f) gimna ya bak?

    BalasHapus